Tips Menahan Lapar Saat Berpuasa

Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dimana semua umat islam menanti datangnya bulan penuh ampunan ini. Pada bulan Ramadhan amalan beribadah akan dilipat gandakan.

Maka tak heran jika akirnya umat muslim berlomba-lomba untuk mengerjakan amalan atau perbuatan baik.

Bulan Ramadhan atau Bulan Puasa

Satu yang membedakan bulan Ramadhan dengan bulan lainnya yaitu seluruh umat muslim yang telah baligh diwajibkan untuk berpuasa. Karena adanya puasa inilah yang akhirnya membuat bulan Ramdhan sering juga disebut dengan bulan Puasa.

Umat muslim diwajbkan untuk berpuasa satu hari penuh yaitu dari mulai dari waktu imsyak sampai terbenamnya matahari atau waktu buka. Lamanya puasa dimulai dari sekitar jam 4 pagi sampai jam 6 sore.

Tips Menahan Lapar Saat Berpuasa

Selama 1 bulan penuh semua umat muslim yang sudah baligh berpuasa di bulan Ramadhan. Berpuasa ini akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan jika Anda menghadapinya dengan ikhlas dan senang hati. Dan akan terasa berat jika Anda hanya memikirkan soal lapar dan haus.

Simak dan silahkan share beberapa gambar animasi bulan Ramadahan.

Menurut beberapa penelitian sebenarnya menjalani puasa itu baik untuk kesehatan. Selama puasanya dijalankan dengan benar, berpuasa akan memberikan jeda waktu untuk tubuh kita beristrahat dari kebiasaan sehari-hari. Dimana pola makan kita akan dirubah.

Ketika menjalankan puasa Ramadhan kita pun dianjurkan untuk makan sahur atau makan sebelum waktu imsak. Imsyak yaitu batas waktu untuk diperbolehkannya makan atau minum sahur sebelum adzan Subuh berkumandang.

Untuk mengetahui info puasa ramadhan dan puasa sunnah dalam islam, silahkan kunjungi https://wisatanabawi.com sebagai blog yang membahas tentang ulasan mengenai puasa.

Sahur sangat penting, karena untuk memberikan kekuatan pada tubuh kita menghadapi puasa esok hari yang panjang. Nah pada kesemptan ini sajadahbusa akan berbgai tentang tips dan cara menahan lapar saat berpuasa.

Berikut tips dan cara menahan lapar saat berpuasa agar agar kita kuat dalam menjalani puasa

1. Nutrisi cukup

Makan sahurlah dengan makanan yang mencukupi nutrisi Anda. makan makanan yang memiliki vitamin tinggi untuk mencukupi nutrisi Anda seharian penuh. Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Serat dari sayuran akan menambah kekuatan organ dalam anda terlebih lambung.

Makan buah-buahan juga akan sedikit membantu Anda dalam menahan haus dan juga terhidar dari panas dalam yang biasanya terjadi saat berpuasa.

Makanlah saat sahur dengan perlahan, ini untuk menjaga kodisi lambung agar tidak kaget. Karena setelah beristirahat tidur langsung dimasuki makanan. Hindarilah makanan pedas, karena makanan pedas lebih sensitif terhadap lambung Anda.

2. Istirahat cukup

Walau banyak amalan yang bisa dilakukan saat malam hari di bulan puasa. Misalnya shalat tarawih (shalat malam) usahakan untuk tidak mengurangi waktu istirahat Anda. Selepas shalat tarawih atau sekitar jam 9 malam hendaklah tidur secepatnya.

Dengan tidur lebih awal, bertujuan untuk menjaga kondisi Anda di keesokan harinya. Jika Anda memiliki aktivitas padat di keesokan harinya.

Tidur siang pun bisa salah satu alternatif untuk menahan lapar saat puasa. Dianjurkan untuk tidak tidur siang terlalu lama. Tidur sianglah seperti biasanya sekitar 2 jam, selain untuk menahan lapar, tidur siang pun dapat memberikan energy untuk tubuh setelah lelah melakukan aktivitas.

3. Lakukan kegiatan seperti biasa

Tidak ada alasan untuk bermalas-malasan saat berpuasa. Mengerjakan sesuatu saat bulan berpuasa justru akan membuat waktu tidak terasa berlalu.

Berdiam diri dan menunggu waktu akan mebuat waktu terasa lama, selain itu ini untuk menghindari hal-hal makruh seperti membayangkan makanan, minuman dan lain-lain yang justru dapat menghilangkan amalan puasa.

Jika ada waktu senggang pergunakan untuk mengerjakan hal-hal baik misalnya dengan membaca Al-Quran atau bershalawat. Bisa juga Anda gunakan untuk membaca buku atau mendengarkan ceramah-ceramah di youtube.

4. Mengkonsumsi vitamin

Apabila ada, silahkan untuk mengkonsumsi vitamin untuk menambah nutrisi yang kurang atau tidak bisa didapatkan dalam makanan saat sahur. Konsumsi vitamin atau obat untuk lambung agar lambung tidak terasa perih. Bila ada, saat tidur sebelum makan sahur olesi bibir anda dengan madu, ini untuk mencegah bibir pecah-pecah saat seharian berpuasa.

Simak dan baca juga doa niat puasa Asyura di bulan Muharam.

Demikian beberapa tips untuk menahan lapar dan haus saat berpuasa. Sebenarnya masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk menahan lapar saat puasa. beberapa tips diatas hanyalah beberapa contoh yang kami rangkum untuk Anda siapkan jika menghadapai puasa. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
You May Also Like