Makna Ucapan Barakallah Fii Umrik

Saat ini dalam kehidupan sehari-hari sering kita dengar orang menggunakan kalimat dalam bahasa arab.

Contohnya seperti ucapan terima kasih, mendoakan seseorang, bahkan mengucapkan salam yang biasanya selalu diucapkan setiap berpapasan dengan orang lain.

Dalam film bahkan dalam media sosial mulai banyak orang menggunakan bahasa arab juga, tentu hal tersebut bagus bagi kita umat islam.

Makna Ucapan Barakallah Fii Umrik

Nah ada beberapa kata-kata yang sering diucapkan, namun mungkin masih bingung buat kamu.

Karena kamu belum mengetahui maknanya. Salah satu kalimat yang sering diucapkan yaitu “Barakallah Fii Umrik”. Kalimat tersebut mungkin pernah kamu dengar dari seseorang atau pernah kamu lihat di media sosial.

Makna ucapan Barakallah Fii Umrik

Barakallah Fii Umrik bermakna Semoga mendapat berkah dari allah. Kalimat tersebut sering digunakan untuk menggantikan kalimat selamat ulang tahun, happy birthday, atau ucapan lainnya.

Biasanya kalimat yang sering digunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun dalam cara yang islami contohnya “Selamat Milad, Barakallah Fii Umrik“.

Anda-pun mulai saat ini bisa menggunakan kalimat tersebut daripada harus mengucapkan happy birthday yang justru merupakan budaya barat. Selain itu kata “Barakallah Fii Umrik” memiliki makna doa didalamnya.

Artika kata Milad (ميلاد) sendiri adalah Ulang tahun, Kata Baarakallaah (باركالله) Memiliki kata yaitu baaraka (بارك) dan Allah (الله), yang memiliki arti baaraka yaitu berkah, sedangkan Allah tetap Allah. Kalau digabungkan berarti Berkah Allah atau bermakna “Semoga Allah memberkahi”.

Pengucapan kata Baarakallah sendiri biasanya dibarengi dengan tambahan kata fiika (فيك), fiiki (فيك), atau fiikum (فيكم). Yang berarti kepadamu (untuk laki-laki), kepadamu (untuk perempuan) dan kepada kalian.

Jika ternyata kamu dalam posisi sebagai orang yang mendapatkan ucapan Barakallah Fii Umrik, kamu bisa menjawabnya dengan kalimat Wa fiika barakallah yang artinya Semoga Allah juga memberkahimu.

Sementara untuk mengucapkan terima kasih kita bisa menggunakan kata Jazaakumullah Khairan Katsiran yang artinya semoga Allah membalas kalian dengan banyak kebaikan.

Penting!!!, Baca ini dulu.

Namun perlu diketahui pula beberapa ulama memperdebatkan antara boleh dan tidaknya mengucapkan selamat ulang tahun dalam Islam.

Sebagian ulama berpendapat diperbolehkan karena hal tersebut merupakan bagian dari budaya, yang terkait dalam Muamalah.

Pada dasarnya sesuatu yang bersifat muamalah adalah boleh. Seperti halnya dalam budaya di Indonesia terlebih Jawa dan Sunda sering adanya perayaan Muludan atau Mawlid Nabi (peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW).

Namun sebagian ulama lagi tidak memperbolehkan karena penentuan waktu hari raya adalah tauqifiah (berdasarkan dalil yang ada). Maka penentuan hari raya tanpa dalil adalah perbuatan yang tidak disyari’atkan.

Sementara menurut Islam hari raya hanyalah Idul fitri dan Idul Adha. Selain itu perayaan ulang tahun merupakan hari raya yang dianggap dimunculkan oleh orang non muslim.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda seperti yang terdapat dalam hadits Abdullah bin Umar radhiallahu anhuma:

“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk dari mereka”. (HR. Abu Daud no. 4031).

Simak dan baca juga : Doa Qunut Dalam Sholat Subuh

Namun semuanya tegantung kepada Anda, niat Anda baik untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada rekan, sahabat, anggota keluarga Anda. Karena ulang tahun dirayakan 1 tahun sekali dan hadiah paling istimewa adalah dengan pedulinya Anda dengan mengucapkan “Barakallah Fii Umrik”.

0 Shares:
You May Also Like