Keutamaan Sholat Sunnah

Sebagai seorang hamba Allah Swt, umat muslim melakukan ibadah untuk mencapai satu tujuan utama yaitu masuk ke dalam surga. Salah satu ibadah yang wajib dikerjakan umat muslim adalah Sholat.

Sholat dalam hal ini dibagi menjadi dua, Sholat wajib dan Sholat sunnah. Sholat sunnah ini dikerjakan dengan harapan agar dapat menjadi pendukung bagi Sholat wajib yang dikerjakan setiap harinya.

Sholat Sunnah

Sholat sunnah ada berbagai macam jenisnya sesuai dengan keperluannya.

Sholat sunnah dibagi menjadi 3 bentuk:

  1. Sholat sunnah yang berhubungan dengan waktu
  2. Sholat sunnah yang berhubungan dengan sebab
  3. Sholat sunnah yang dikerjakan tanpa adanya sebab dan adanya ketepatan waktu

Pada kesempatan ini akan mengulas tentang beberapa keutamaan sholat sunnah yang dikerjakan untuk mendatangkan syafaat atau manfaat bagi yang mengerjakannya.

Keutamaan-Sholat-Sunnah

Keutamaan Beberapa Sholat Sunnah

Selain itu, Sholat sunnah juga memiliki keutamaan yang dapat memberikan manfaat bagi orang yang melakukannya. Berikut keutamaan Sholat sunnah yang wajib Anda ketahui.

1. Keutamaan Sholat Sunnah Rawatib

Sholat sunnah rawatib adalah Sholat yang mengiringi Sholat wajib. Jumlah rakaat sholat rawatib adalah 2 rakaat. Dengan rukun dan tata cara sholat rawatib sama dengan rukun dan tata cara sholat 5 waktu.

Sholat sunnah rawatib ada 2 macam, yaitu sholat yang dilakukan sebelum Sholat wajib (qabliyah) dan sholat sunnah yang dilakukan sesudah Sholat wajib (ba’diyah).

Sholat qabliyah hanya boleh dilakukan pada empat waktu Sholat, yaitu sebelum sholat subuh, sebelum sholat dhuhur, sebelum sholat ashar, dan sebelum sholat isya.

Sedangkan Sholat ba’diyah hanya boleh dilakukan pada 3 waktu Sholat, yaitu sesudah sholat sholat dhuhur, sesudah sholat ashar, sesudah sholat maghrib, dan sesudah sholat isya.

Sehingga diusahakan sebelum melakukan Sholat subuh alangkah baiknya melakukan Sholat qabliyah karena Sholat sunnah ini memiliki keutamaan yang luar biasa. Selain itu Sholat rawatib yang dilakukan pada waktu dhuhur juga memiliki keutamaan yang sangat luar biasa.

Rasulullah bersabda:

“Dua rakaat sholat sunnah fajar (sholat sunnah yang dikerjakan sebelum subuh) itu semua akan lebih baik daripada dunia dan seisinya”, (HR. Muslim).

Dari sabda Rasulullah diatas, tersirat bahwa sholat rawatib sebelum sholat subuh memiliki keutamaan yangluar biasa. Jika mekakukannya maka akan mendapat syafaat yang lebih baik daripada bumi dan seisinya.

Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang menjaga (sholat) empat rakaat sebelum dzuhur dan empat rakaat sesudahnya, Allah haramkan baginya api neraka“, (HR. Ahmad, Abu Dawud, Tarmidzi).

Dari sabda Rasulullah ini tersirat bahwa dengan mengerjakan sholat rawatib sebelum dan sesudah sholat dhuhur, maka akan diharamkan baginya api neraka. Dengan begitu keutamaan sholat rawatib pada waktu ini akan benar-benar memberi manfaat bagi yang mengerjakannya.

Jika Sholat rawatib ini dilakukan secara rutin, dikerjakan secara khusuk, dan sholat ini diterima oleh Allah, maka akan diharamkan neraka bagi orang yang melaksanakannya.

2. Keutamaan Sholat Sunnah Dhuha

Sholat sunnah dhuha adalah Sholat yang dikerjakan ketika matahari terbit hingga berada di atas langit. waktu atau jam terbaik untuk melakukan sholat dhuha adalah antara dari jam 8 hingga jam 11 pagi.

Sholat sunnah dhuha ini dikenal dengan keutamaannya untuk memperlancar rezeki. Sholat duha ini minimal dilakukan dua rakaat.  Menjalankan Sholat sunnah ini disetarakan dengan sedekah dan akan mendapatkan keuntungan yang lebih cepat.

Tentunya selain berusaha dengan cara bekerja, kita juga dapat melakukan Sholat dhuha secara rutin agar memperlancar rezeki kita, karena pada dasarnya rezeki kita telah diatur oleh Allah.

Bagi yang menjalankan sholat dhuha rutin dua belas rakaat setiap hari akan mendapat ganjaran berupa rumah di surganya Allah. Selain itu, dengan menjalankan Sholat dhuha akan mendapatkan menggugurkan dosa.

3. Keutamaan Sholat Sunnah Tahajud

Sholat sunnah tahajud adalah Sholat malam yang lebih baik dilakukan pada sepertiga malam dan dikerjakan setelah bangun dari tidur.

Sholat ini memiliki berbagai keutamaan, yaitu merupakan Sholat sunnah yang paling utama dilakukan setelah Sholat wajib, karena dilakukan di malam hari, maka doa yang dipanjatkan setelah Sholat malam akan diamini oleh para malaikat serta akan dimudahkan oleh Allah dalam pencapaiannya.

Sholat tahajud ini dapat menyelamatkan kita dari siksa api neraka. Dengan Sholat tahajud sebagai kunci untuk masuk surga. Dengan menjalankannya maka kita akan mendapatkan ketenangan hati dan pikiran.

4. Keutamaan Sholat Sunnah Jenazah

Kematian merupakan hal yang pasti kita terima sebagai makhluk hidup. Namun alangkah baiknya jika orang yang hidup memuliakan saudaranya yang telah meninggal.

Sholat sunnah jenazah adalah Sholat yang dilakukan kepada saudara muslim kita yang telah tutup usia. Sholat jenazah ini dapat memberikan syafaat (pertolongan) kepada saudara muslim yang sudah meninggal.

Dengan melakukan sholat jenazah juga mendoakan jenazah saudara muslim kita agar semua amalan yang dilakukan semasa hidup diterima Oleh Allah Swt.

Dengan dimandikan dan disholatkan sebelum dikuburkan sesuai anjuran Rasulullah, semoga jenazah saudara muslim kita bisa menghadap kehadapan Allah dengan kondisi suci. Dan akan ditempatakan di tempat yang mulia serta siksaannya dikurangi oleh Allah Swt.

Selain itu, bagi umat muslim yang melakukan sholat jenazah akan mendapatkan pahala satu qiroth yaitu setara dengan satu gunung. Jadi sholat jenazah ini sholat sunnah yang fardhu kifayah.

Arti dari fardhu kifayah adalah bila diantara umat islam ada yang ada yang mengurusi dengan baik, dari memandikan, mensholatkan dan menguburkan, maka umat islam yang tidak ikut sudah tidak berkewajiban dan tidak dosa.

Untuk lebih detailnya untuk niat, tata cara dan doa sholat jenasah, silahkan baca ke sumbernya di wisatanabawi.com.

5. Keutamaan Sholat Sunnah Witir

Sholat sunnah witir adalah Sholat penutup bagi Sholat malam. Waktu sholat ini berada diantara setelah sholat isya hingga sebelum sholat subuh.

Sholat witir biasanya dirangkai dengan sholat tahajud pada waktu malam hari. Setelah melaksanakan sholat tahajud dilanjutkan dengan melakukan sholat witir. Sholat witir ini adalah sholatnya para kekasih Allah. Karena Rasulullah tidak pernah meninggalkan sholat witir tersebut.

Rasulullah bersabda:

”Ada tiga hal yang fardhu bagiku dan sunnah bagi kalian, yaitu witir (mengerjakan sholat Witir), bersiwak, dan qiyamul lail.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Jika menjalankan Sholat witir ini akan disaksikan oleh para malaikat. Selain itu ketika melakukan Sholat witir pula kita akan mendapatkan petunjuk dan kekuatan untuk menjalani permasalahan yang ada di dunia.

Dengan mengerjakan sholat witir akan mendapatkan ketenangan jiwa, sehingga dapat memberikan kekuatan kepada disi sendiri untuk menjalani kehidupan.

Demikia ulasan tentang keutamaan sholat sunnah yang bisa dilakukan diluar sholat wajib. Beberapa keutamaan sholat sunnah di atas semoga dapat menjadi acuan bagi kita untuk menjalankan Sholat sunnah sebagai penyempurna bagi Sholat wajib kita.

Semoga kita dapat menjalankan salah satunya sebagai ibadah rutin yang dilakukan secara khusus serta mendapatkan pahala dari Allah Swt.

Loading...
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like