Keutamaan Doa Sayyidul Istighfar

Istighfar atau dalam bahasa Arab: إستغفار, Istiġfār atau Astaghfirullah أستغفر الله‎ ʾastaġfirullāh merupakan tindakan meminta maaf atau memohon ampunan kepada Allah SWT yang dilakukan oleh umat Islam.

Tindakan ini secara harfiah dilakukan dengan mengulang perkataan istighfar dalam bahasa Arab “Astaghfirullah”, yang berarti “Saya memohon ampunan kepada Allah”.

Doa Sayyidul Istighfar

Keutamaan Doa Sayyidul Istighfar

Seorang Muslim mengucapkan istighfar bukan saja ketika meminta ampun dari Allah sebagai doa. Juga ketika dia sedang berbicara dengan orang lain. Apabila seorang Muslim hendak mencegah dari melakukan perbuatan yang salah.

Dan ia mau membuktikan bahwa dia tidak bersalah pada satu peristiwa dia menggunakan pernyataan ini. Setelah salat, seorang Muslim dianjurkan melafalkan perkataan ini sebanyak tiga kali.

Simak dan baca juga doa setelah sholat agar sholat Anda lebih sempurna.

Sedangkan bacaan atau doa Sayyidul istighfar adalah bacaan atau doa yang menrajai atau ketua dari semua istighfar. Atau dapat diartikan sayyidul istighfar merupakan ucapan istigfar paling utama atau paling baik. Simak doa atau pelafalan dari sayyidul istighfar berikut.

Berikut Doa Sayyidul Istighfar

Keutamaan Sayyidul Istighfar Faedahnya

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar arab

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي, لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي, وَأَنَا عَبْدُكَ, وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ

وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ

عَلَيَّ, وَأَبُوءُ بِذَنْبِي, فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ اَلذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar latin

“Allahumma Anta Rabbii Laa Ilaaha Illaa Anta Khalaqtnii Wa Anna ‘Abduka Wa Anaa ‘Alaa ‘Ahdika Wa Wa’dika. Mastatha’tu a’uudzu Bika Min Syarri Maa Shana’tu Abuu u Laka Bini’ Matika ‘Alayya Wa Abuu-uBidzanbii Faghfir Lii Fa Innahu Laa Yagfirudz Dzunuuba Illa Anta”

Arti dan Terjemahan Doa Sayyidul Istighfar

”Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada sesembahan yang haq kecuali Engkau, Engkau yang menciptakanku sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji -Mu (yaitu selalu menjalankan perjanjian-Mu untuk beriman dan ikhlas dalam menjalankan amal ketaatan kepada-Mu) dengan semampuku, aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau”.

Keutamaan Doa Sayyidul Istighfar

Keutamaan doa Sayyidul Istighfar terdapat dalam hadist yang berbunyi :

“Barangsiapa mengucapkannya di siang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum petang hari, maka dia termasuk penduduk syurga dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum shubuh maka dia termasuk penduduk syurga.”

Hadits ini shahih. Diriwayatkan oleh:

  1. Imam al-Bukhari dalam shahîhnya (no. 6306, 6323) dan al-Adabul Mufrad (no. 617, 620)
  2. Imam an-Nasâ-i (VIII/279), as-Sunanul Kubra (no. 9763, 10225), dan dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah (no. 19, 468, dan 587)
  3. Imam Ibnu Hibbân (no. 928-929-at-Ta’lîqâtul Hisân ‘ala Shahih Ibni Hibbân)
  4. Imam ath-Thabarani dalam al-Mu’jamul Kabîr (no. 7172), al-Mu’jamul Ausath (no. 1018), dan dalam kitab ad-Du’aa (no. 312-313)
  5. al-Hâkim (II/458)
  6. Imam Ahmad dalam musnadnya (IV/122, 124-125)
  7. Imam al-Baghawi dalam Syarhus Sunnah (no. 1308), dan lainnya dari Shahabat Syaddad bin Aus Radhiyallahu anhu

Namun harus kita ingat dalam Islam, makna Istighfar tidak terletak pada pengucapannya, namun pada seberapa dalam seseorang yang beristighfar. Seberapa kuat memaknai dan menghayati apa yang ia ucapkan.

Dalam konteks yang lebih jauh lagi, agar ia terus mengingat Allah Swt di saat ia tergoda untuk melakukan perbuatan dosa atau maksiat. Juga disaat melakukan dosa, maka istighfar adalah titik baginya untuk bertekad tidak akan mengulangi perbuatannya.

Simak dan baca juga Allahumma Antassalam bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat.

Demikian informasi tentang doa Sayyidul Istighfar yang bisa Anda ucapkan jika Anda dalam kesusahan atau sedang mendapatkan musibah.

Loading...
0 Shares:
You May Also Like