Jadwal Kapal Rute Jepara – Karimunjawa

Karimunjawa merupakan salah satu pulau indah yang dimiliki Indonesia, selain Bali yang sangat terkenal di dunia. Berlokasi di Jepara, Jawa Tengah dan memiliki luas kurang lebih 1500 hektar.

Pengunjung wisata di Karimunjawa dapat menikmati keindahan laut-nya yang sangat memukau. Kepulauan Karimunjawa sudah menjadi impian para traveller untuk dapat berkunjung ke pantai-pantai yang ada di sana.

Banyak pantai yang indah di Karimunjawa, antara lain:

  • Pantai Barakuda
  • Pantai Nirwana
  • Pantai Annoa
  • Pantai Batu Topeng
  • Pantai Pulau Sintok
  • Pantai Boby
  • Pantai Pulau Menjangan
  • Pantai Pulau Cemara

Anda dapat pergi berwisata ke pulau Karimunjawa dengan melalui kota Semarang dan kota Jepara, Jawa Tengah. Namun jika Anda tidak ingin ribet, Anda dapat pergi berlibur dengan menggunakan Agen Paket Wisata Karimunjawa yang terpercaya.

Jadwal-Kapal-Jepara-Karimunjawa

Namun jika Anda ingin berpetualang sebagai backpacker dan traveller, Anda dapat pergi menggunakan kapal. Sebelum pergi, cek terlebih dahulu jadwal kapal Jepara Karimunjawa dan harga tiket-nya.

Jadwal Kapal Rute Jepara-Karimunjawa

Sebagai tempat wisata populer dengan panorama laut yang sangat memukau, tentu Karimunjawa menjadi primadona tersendiri. Oleh sebab itu, sebelum berwisata, siapkan dahulu berbagai kebutuhan, termasuk transportasi.

Untuk menyeberang ke Karimunjawa dari Jepara, maka perlu menggunakan jasa kapal. Terdapat dua jenis kapal yang melintas dengan rute Jepara Karimunjawa, yaitu:

1. Kapal Express Bahari

Kapal-Express-Bahari

Kapal Express Bahari ini ada dua jenis, yaitu 3F berkapasitas 400 orang dan 6F berkapasitas 250 orang. Waktu tempuh yang dibutuhkan kapal ini dari Jepara ke Karimunjawa kurang lebih dua setengah jam.

Kapal ini mempunyai ruangan cukup luas dengan fasilitas AC, TV LED, kafe dan perlengkapan keamanan lengkap.

Kapal Express Bahari 3F beroperasi setiap hari Jumat, Sabtu, Senin dan Selasa untuk rute Jepara – Karimunjawa. Waktu operasionalnya setiap pukul 09.00 WIB, kecuali hari Sabtu yaitu pukul 10.00 WIB.

Sementara, untuk rute Karimunjawa – Jepara, kapal ini beroperasi setiap hari Sabtu, Minggu, Senin, Rabu pada pukul 07.00, 11.00, 13.00 dan 11.00 WIB.

Untuk Kapal Express Bahari 6F rute Jepara Karimunjawa jadwalnya ada setiap hari Jumat, Minggu, Rabu dan Kamis. Waktu operasionalnya setiap pukul 13.30, 12.00, 09.00, dan 12.00 WIB.

Sementara, untuk rute Karimunjawa Jepara ada setiap hari Jumat, Minggu, Selasa dan kamis pada pukul 09.00 WIB, kecuali hari Selasa pada jam 11.00 WIB.

2. Kapal Feri Siginjai

Pilihan kapal kedua adalah Kapal Feri Siginjai yang mempunyai kapasitas penumpang 260 orang. Kapal yang menjadi salah satu favorit wisatawan karena harganya yang murah ini mempunyai waktu tempuh empat setengah jam.

Kapal ini mempunyai semboyan “Bangga Menyatukan Nusantara” dan jadwal yang cukup banyak, yaitu lima kali dalam seminggu.

Untuk jadwal kapal Jepara Karimunjawa ini ada pada setiap hari Jumat, Sabtu, Senin, Rabu dan hari Kamis. Waktu pemberangkatan dari pelabuhan Jepara adalah pada pukul 06.30 WIB, kecuali hari Senin yang berangkat pukul 07.00 WIB. Oleh sebab itu, para wisatawan hendaknya bersiap siap pada pagi buta agar tidak tertinggal.

Pemberangkatan kapal Feri Siginjai untuk rute sebaliknya ada pada setiap hari Jumat, Minggu, Selasa, Rabu dan Kamis. Untuk hari Jumat, Rabu dan juga Kamis, kapal diberangkatkan pada pukul 13.00 WIB. Sementara itu, pada hari Minggu dan Selasa, kapal Feri Siginjai ini berangkat pada pukul 07.00 WIB.

Harga Tiket Kapal

Selain perlu mempersiapkan berbagai alat atau keperluan selama berwisata, maka perlu juga memperhitungkan kebutuhan biayanya. Salah satu hal yang harus diperhitungkan jika ingin ke Karimunjawa adalah harga dari tiket kapalnya.

Wisatawan sangat perlu mempertimbangkan harga yang ditawarkan dengan fasilitas yang diberikan. Nah, berikut ini penjelasan mengenai harga tiket kapal:

1. Harga Tiket Kapal Express Bahari

Kapal express Bahari mempunyai harga tiket yang lebih mahal jika dibandingkan dengan Feri Siginjai. Namun, kapal ini mempunyai banyak sekali fasilitas yang memanjakan setiap penumpang yang menggunakan jasanya.

Tak hanya itu, kapal ini juga mempunyai waktu tempuh yang lebih cepat jika dibandingkan dengan Feri Siginjai.

Terdapat tiga jenis pilihan tiket yang dapat dibeli di Pelabuhan Jepara untuk Kapal Express Bahari ini. Kategori pertama adalah kategori bisnis atau untuk penduduk lokal sekitar Karimunjawa.

Selain itu, masih ada dua jenis atau kategori lainnya, yakti executive dan VIP. Sebenarnya, tidak ada perbedaan fasilitas dari ketiganya selain kondisi ruangannya.

Untuk harga tiket kategori bisnis cenderung lebih murah dibanding dua lainnya, yakni sebesar 94 ribu rupiah. Sementara, untuk tiket jenis executive dihargai sebesar 164 ribu rupiah dan jenis VIP dihargai sebesar 194 ribu rupiah.

Ketiga kategori tiket dengan perbedaan harga cukup besar tersebut tetap mendapatkan fasilitas mewah seperti AC dan TV.

2. Harga Tiket Kapal Feri Siginjai

Kapal Feri Siginjai mempunyai harga yang cenderung lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Kapal Express Bahari. Tak hanya itu, dari segi ukuran, kapal ini juga lebih besar karena juga memuat kendaraan dan logistik.

Jadi, sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menyebrang dengan membawa kendaraan pribadi atau logistik.

Namun, meski demikian, kapal ini membutuhkan waktu tempuh yang lebih lama jika dibandingkan dengan Express Bahari. Jadi, sangat tidak cocok bagi wisatawan yang ingin segera mencapai Karimunjawa atau yang mabuk laut.

Namun, sangat cocok bagi wisatawan yang memang ingin menikmati perjalanan selama menyeberang menuju ke Karimunjawa.

Untuk tiket, Kapal Feri Siginjai ini memberikan kategori berdasarkan usia wisatawan atau kendaraan yang ingin dibawa menyeberang. Untuk orang dewasa dikenakan harga 94.500 rupiah dan untuk anak anak sebesar 40.000 rupiah.

Sementara, untuk wisatawan yang membawa serta sepeda motornya, maka dikenakan biaya tambahan sebesar 27.000 rupiah.

Jika yang dibawa adalah kendaraan roda empat, seperti mobil maka dikenakan biaya sebesar 650.000 rupiah. Jika membawa truk trailer (<10m), maka tambahan biayanya sebesar 1.900.000 rupiah. Namun, berbeda lagi jika itu truk trailer (<20m), maka biayanya adalah 2.500.000 rupiah.

Berwisata memang kegiatan yang sangat menyenangkan, namun tetap perlu mempersiapkan semuanya dengan matang. Perhitung-kan juga segala kemungkinan biaya yang harus dikeluarkan selama berwisata.

Baca juga : Apakah Ketika Menerima Paket harus Bayar

Demikian pembahasan mengenai jadwal kapal Jepara Karimunjawa beserta penjelasan mengenai harga tiket-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like