Istilah-Istilah dalam Status Pengiriman Tiki

Selain menggunakan JNE pengiriman barang biasanya kami akan menggunakan TIKI dan POS. Dan kali ini kami akan membahas istilah-istilah yang digunakan tiki yang biasanya muncul saat pengecekan status pengiriman melalui online.

Istilah Pengecekan dan pengiriman TIKI Online

Tiki sebagai Jasa Pengiriman paket

Untuk mengecek sudah sampai mana barang yang kita kirim, kita bisa mengunjungi tiki.co.id atau tiki-online.com dengan memasukan nomor Connote. Nomor connote ini merupakan nomor resi atau nomor nota yang digunakan saat mengirim barang melalui tiki. Kita tinggal memasukan saja nomor connote tersebut ke kolom yang disediakan di situs tiki-online.com.

Pada saat berbelanja online biasanya pengirim barang akan memberikan nomor connote tersebut agar pembeli bisa mengetahui sudah sampai mana barang yang dipesan telah dikirim. Begitu pun saat Anda berbelanja di www.sajadahbusa.com kami akan memberikan nomor resi atau nomor connote agar Anda bisa mengetahui status pengiriman barang Anda.Untuk itu Anda minimal harus paham istilah-istilah dalam proses pengiriman tersebut.

Berikut Beberapa Istilah Dalam Pengecekan Status Pengiriman di Tiki Online

Istilah dan status pengiriman Tiki

Nomor Connote – nomor resi atau Airway Bill.
Date – Data atau tanggal waktu pengiriman barang, waktu dimana barang tersebut diterima tiki.
Service – Pilihan Jenis layanan yang digunakan. Tiki memiliki beberapa pilihan layanan seperti, ONS (one night service) barang akan dikirmkan dalam satu malam, REG (reguler) barang akan dikirimkan 2-7 hari kerja, dll
Origin – Kota asal pengiriman barang/paket.
Destination – Kota tujuan pengiriman.
Shipment History – Riwayat pengiriman, tahapan pengiriman bisa dilihat dikolom shipment history.
Date & Time – Tanggal dan Jam shipment status tersebut terjadi.
Shipment Status – Status pengiriman paket.
Location – Lokasi dari barang atau paket.
Remarks – Keterangan tambahan.

Perhatikan contoh gambar berikut, dan berikut ini penjelasan tentang istilah-istilah dalam kolom shupment status dan remark :

cara cek pengiriman melalui tiki

Manifest data counter : Barang telah diterima oleh pihak Tiki dan telah terdata. atau kadang juga istilah yang digunakan Shipment Data Entry
Departed at TIKI Facility : Barang telah diberangkatkan dari agen tiki berasal.
Packing List : Barang/paket telah dikemas bersama paket dari pengirim lainnya, pada tahap ini barang telah berada di agen tiki kota pusat.
Transit : Barang sedang transit di sebuah kota.
Arrived at Destination : Barang telah berada di kota tujuan.
With Delivery Courier : Barang sedang diantarkan oleh kurir ke alamat tujuan.
Succeed : Barang telah sampai, dan proses pengiriman telah selesai. Saat barang telah selesai dikirmkan dalam kolom remark akan tertera nama penerima dengan istilah Received By.

Silahkan simak dan baca istilah pengiriman J&T Gateway yang mungkin belum Anda tahu.

Demikian ulasan tentang istilah-istilah yang ada dalm proses pengiriman barang menggunakan jasa ekspedisi TIKI. Semoga bermanfaat.