Doa Setelah Sholat Wajib

Sholat merupakan suatu yang wajib dilakukan oleh umat Islam terlebih jika itu adalah sholat 5 waktu (sholat fardu). Melaksanakan sholat tak hanya menjadi kewajiban bagi umat islam melainkan juga doa untuk kebaikan bagi hidupnya.

Seperti misalnya menurut Surah Al-‘Ankabut sholat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar.

Apabila kita telah melaksanakan sholat ada baiknya kita melakukan beberapa sunnah. Misalnya membaca doa atau melakukan dzikir dengan menyebut nama Allah Swt. Pada kesempatan kali ini sajadahbusa.com akan berbagi sedikit pengetahuan tentang bacaan doa setelah sholat.

Doa Setelah Sholat Wajib

Perlu diingat sunnah adalah kebiasaan atau contoh yang biasa dilakukan oleh rasulullah dan para sahabatnya, baik ilmu, keyakinan, ucapan, perbuatan, maupun penetapan. Maka ketika dilakukan akan menjadi baik namun apabila tidak pun tak apa-apa. Baiklah berikut bacaan dizkir setelah sholat.

Ada baiknya ketika membaca dzikir mempergunakan biji tasbih atau alat penghitung agar tidak lupa berapa kali kita telah membacakan dzikir.

bacaan-setelah-sholat

Berikut doa setelah sholat wajib

1. Astaghfirullah hal adzim  (Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung) sebanyak 33x

2. Kemudian dianjurkan membaca doa berikut

Tulisan Arab Dzikir“Allahumma antassalam  waminkassalam tabarakta Ya Dzaljalali wal ikram.”

Artinya:

“Ya Allah, Engkaulah As-Salaam (Yang selamat dari kejelekan-kejelekan, kekurangan-kekurangan dan kerusakan-kerusakan) dan dari-Mu as-salaam (keselamatan), Maha Berkah Engkau Wahai Dzat Yang Maha Agung dan Maha Baik.” (HR. Muslim)

Kemudian membaca:

Tulisan Arab Dzikir
“Laa ilaaha Illallahu wahdahu laa syarikalahu, lahul mulku walahul Hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai-inq qodir, Allahumma laa mani ‘aa lima a’ thoita wala mughthiya lima managhta wala yanfa’u dzaljaddi minkal jaddu.”

Artinya:

“Tiada tuhan yang berhak diibadahi selain Allah, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya segala kerajaan, dan pujian, dan Dia Maha Berkuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang dapat menolak terhadap apa yang Engkau beri dan tidak ada yang dapat memberi terhadap apa yang Engkau tolak dan orang yang memiliki kekayaan tidak dapat menghalangi dari siksa-Mu.”

3. Membaca
Tulisan Arab Dzikir

“Laa ilaaha Illallahu wahdahu laa syarikalahu, lahul mulku walahul Hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai-inq qodir, laa haula wala Quwwata illa billah, laa ilaaha illallahu wala na’budhu illa iyyahu, lahun ni’matu walahul fadhlu walahus sana’ul hasan, laa ilaaha illallahu mukhlisina lahuddin walau karihal khafirun.”

Artinya:

“Tiada tuhan yang berhak diibadahi selain Allah, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya segala kerajaan, dan pujian, dan Dia Maha Berkuasa atas segala sesuatu. Tiada daya dan upaya serta kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah dan kami tidak beribadah kecuali kepada Allah, milik-Nya-lah segala kenikmatan, karunia, dan sanjungan yang baik, tiada tuhan yang berhak diibadahi selain Allah, kami mengikhlashkan agama untuk-Nya walaupun orang-orang kafir benci.”

4. Membaca Subhanallah (Maha suci Allah) sebanyak 33x

5. Membaca Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah) sebanyak 33x

6. Membaca Allahuakbar (Allah Maha Besar) sebanyak 33x

Lengkapi bacaan tersebut menjadi 100 dengan membaca:

Tulisan Arab Dzikir
“Laa ilaaha Illallahu wahdahu laa syarikalahu, lahul mulku walahul Hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai-inq qodir.”

Artinya:

“Tiada tuhan yang berhak diibadahi selain Allah, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya segala kerajaan, dan pujian, dan Dia Maha Berkuasa atas segala sesuatu.”

Menurut sabda Nabi Muhammad S.A.W:

“Barangsiapa mengucapkan dzikir ini setelah selesai dari setiap shalat wajib, maka diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan. (HR. Muslim 1/418 dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

7. Baca Ayat Kursi

Ayat Kursi

Bacaan ayat kursi latin

“Allahu laa ilaha illa Huwa, Al-Hayyul-Qayyum. La ta’khudhuhu sinatun wa la nawm, lahu maa fis-samawati wa maa fil-‘ard. Man dhal-ladhi yashfa’u ‘indahu illa bi-idhnih. Ya’lamu ma baina aidihim wa ma khalfahum, wa la yuhituna bi shai’im-min ‘ilmihi illa bima shaa’a. Wasi’a kursiyuhus-samawati wal ard, wa la ya’uduhu hifdhuhuma Wa Huwal ‘Aliyyul-Adheem.”

Untuk lebih detailnya tentang sejarah diturunkannya ayat kursi, bacaan ayat kursi, manfaat dan keutamaan ayat kursi silahkan simak dan pahami bacaan ayat kursi yang dikutip dari wisatanabawi.com

Sebab Rasulullah S.A.W bersabda:

“Barangsiapa membaca ayat ini setiap selesai shalat tidak ada yang dapat mencegahnya masuk jannah kecuali maut.”

8.  Dan selanjutnya baca ayat pendek berikut setiap selesai sholat wajib, kecuali Subuh dan Maghrib:

  • Surat Al-Ikhlas 1x (Qul Huwallâhu Ahad…dst)
  • Surat Al-Falaq 1x (Qul a’udzu birabbil falaq…dst)
  • Surat An-Naas 1x (Qul a’udzu birabbinnas…dst)

9. Setiap selesai sholat Subuh dan Maghrib, baca bacaan berikut 10x:

Tulisan Arab Dzikir

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah. Lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumiit wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir

Artinya:

“Tiada Rabb yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya, bagiNya kerajaan, bagi-Nya segala puja. Dia-lah yang menghidupkan (orang yang sudah mati atau memberi roh janin yang akan dilahirkan) dan yang mematikan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Simak dan baca juga : Doa Sebelum Sholat

Demikian informasi tentang bacaan doa setelah sholat yang perlu Anda pahamid an amalkan. Semoga dengan paham dan tahu beberapa bacaan dzikir setelah sholat ini, Anda akan senantiasa tidak langsung bangun atau pergi setelah selesai sholat fardhu.

Loading...
0 Shares:
You May Also Like