Doa Qunut

Setiap umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan sholat 5 waktu atau sholat fardhu. Mulai sholat Subuh, Dhuhur, Asyar, Maghrib dan Isya. Semua sholat wajib tersebut harus diakukan setiap hari sesuai dengan waktunya. Salah satu sholat wajib yang memiliki perbedaan sendiri adalah pada sholat subuh. Karena pada sholat subuh ada tambahan bacaan doa qunut.

Bacaan doa qunut dalam sholat subuh

Doa qunut merupakan doa yang biasanya dilakukan dalam sholat subuh yaitu setelah ruku (i’tidal), selain itu doa qunut juga biasa dilakukan ketika ada bencana. Sehingga terdapat 2 jenis doa qunut, yaitu doa qunut sholat, yang dibacakan setelah ruku atau i’tidal dan doa qunut nazilah atau doa qunut yang dibacakan ketika ada bencana.

Pada kesempatan ini sajadahbusa akan mengulas tentang bacaan doa qunut arab, bacaan doa qunut latin dan arti doa qunut. Juga tentang video dan mp3 doa qunut yang bisa Anda lihat dan dengarkan.

Bacaan Doa Qunut

Sedangkan pembacaan doa qunut dalam sholat witir beberapa ulama masih memperdebatkan perihal pembacaan doa qunut dalam sholat witir tersebut. Ketika imam membaca doa qunut dalam sholat subuh, baiknya mamum mengaminkan sambil mengangkat tangannya. Adapun doa qunut tersebut adalah sebagai berikut:

Bacaan Doa Qunut

Doa qunut dalam bahasa arab

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ
وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ
وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ
وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ
وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ،
فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ
وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ
وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ
تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ
فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ
وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Doa qunut dalam bahasa latin

Allah hummah dinii fiiman hadait.
Wa’aa finii fiiman ‘aafait.
Watawallanii fiiman tawal-laiit.
Wabaariklii fiimaa a’thait.
Waqinii syarramaa qadhait.
Fainnaka taqdhii walaa yuqdha ‘alaik.
Wainnahu laayadzilu man walait.
Walaa ya’izzu man ‘aadait.
Tabaa rakta rabbanaa wata’aalait.
Falakalhamdu ‘alaa maaqadhait.
Astaghfiruka wa’atuubu ilaik.
Wasallallahu ‘ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa’alaa aalihi washahbihi Wasallam.

Arti doa qunut

“Wahai Tuhanku, berilah petunjuk kepadaku seperti mana orang yang diberi petunjuk.Dan berilah aku kesehatan sebagaimana orang yang diberi kesehatan. Dan pimpinlah aku petunjukmu seperti orang yang telah engkau pimpin. Dan berkatilah aku pada setiap yang telah engkau berikan. Dan peliharalah aku dari kejahatan perkara-perakara yang telah engkau tetapkan. Sesungguhnya engkau yang menentukan dan bukan engkau yang ditentukan. Bahwasanya tidak akan hina orang yang engkau pimpin, dan tidak mulia orang yang engkau musuhi. Engkaulah pemilik berkah wahai tuhan kami dan maha tinggi engkau. Maka bagimu pujian di atas apa yang telah engkau tentukan dan aku minta ampuh kepadamu dan aku bertaubat kepadamu, dan sejahterakan jungjunan kami Muhammad beserta keluarga dan sahabatnya.”

Berikut video yang telah terdapat suara mp3 nya:

Perlu diketahui jika Qunut yang dibacakan di atas adalah doa Qunut untuk yang menjalankan sholat secara sendiri atau sebagai makum. Jika kita berada di posisi sebagai imam, ada sedikit perbedaan.

Perbedannya adalah:

Pada bagian Allah hummah DINII fiiman hadait diganti menjadi Allah hummah DINAA fiiman hadait. Hal tersebut merujuk pada kata “nii” yang berarti diri sendiri atau saya, sedangkan kata “na” yang berarti orang banyak.

Simak dan baca juga : Doa dan Tata Cara Mandi Wajib

Demikian informasi tentang doa qunut pada waktu sholat subuh. Doa qunut ini menjadi salah satu doa yang paling utama dan dianjurkan oleh Rasulullah saw. Karena doa qunut memiliki makna dan arti yang luar biasa maka amalkanlah ketika Anda sedang melakukan sholat subuh.

Doa Sebelum Sholat

Asri
1 min read

Doa Setelah Sholat Wajib

Asri
2 min read