Cara Menggunakan Jilbab Modern

Menggunakan jilbab atau berhijab merupakan suatu keharusan bagi wanita muslim yang telah baligh. Menggunakan jilab selain untuk menutup aurat juga insyallah akan meminimalisir tindakan pelecehan terhadap perempuan. Karena banyak model jilbab maka perlu mencoba cara menggunakan jilbab modern yang pas, sopan, baik dan benar.

Namun terkadang di masyarakat kita masih banyak melihat wanita menggunakan jilbab dengan tidak tepat. Memakai jilbab tertutup tapi masih memperlihatkan lekukan tubuh dari wanita itu sendiri dan sebenarnya ini salah.

Cara Menggunakan Jilbab Modern yang Benar

Tips cara memakai jilbab yang benar dan baik

Menurut Muhammad Nashiruddin Al-Albany kriteria jilbab yang benar harus menutup seluruh badan, kecuali wajah dan dua telapak tangan. Jilbab bukan merupakan perhiasan, tidak tipis, tidak ketat sehingga menampakkan bentuk tubuh. Dan ketika memakai jilbab tidak disemprot dengan parfum. Penggunaan jilbab juga tidak menyerupai pakaian kaum pria atau pakaian wanita-wanita kafir dan bukan merupakan pakaian untuk mencari popularitas.

Pendapat yang sama sebagaimana dituturkan Ikrimah, jilbab itu menutup bagian leher dan mengulur ke bawah menutupi tubuhnya. Sementara bagian di atasnya ditutup dengan khimâr (kerudung) yang juga diwajibkan.

Penggunaan jilbab ini sesuai dengan salah satu ayat surah An-Nur 24:31.

Bacaan surah An Nur 24:31 Arab

وَ قُلۡ لِّلۡمُؤۡمِنٰتِ یَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِہِنَّ وَ یَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَہُنَّ وَ لَا یُبۡدِیۡنَ زِیۡنَتَہُنَّ اِلَّا مَا ظَہَرَ مِنۡہَا وَ لۡیَضۡرِبۡنَ بِخُمُرِہِنَّ عَلٰی جُیُوۡبِہِنَّ ۪ وَ لَا یُبۡدِیۡنَ زِیۡنَتَہُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِہِنَّ اَوۡ اٰبَآئِہِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِہِنَّ اَوۡ اَبۡنَآئِہِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِہِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِہِنَّ اَوۡ بَنِیۡۤ اِخۡوَانِہِنَّ اَوۡ بَنِیۡۤ اَخَوٰتِہِنَّ اَوۡ نِسَآئِہِنَّ اَوۡ مَا مَلَکَتۡ اَیۡمَانُہُنَّ اَوِ التّٰبِعِیۡنَ غَیۡرِ اُولِی الۡاِرۡبَۃِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِیۡنَ لَمۡ یَظۡہَرُوۡا عَلٰی عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ ۪ وَ لَا یَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِہِنَّ لِیُعۡلَمَ مَا یُخۡفِیۡنَ مِنۡ زِیۡنَتِہِنَّ ؕ وَ تُوۡبُوۡۤا اِلَی اللّٰہِ جَمِیۡعًا اَیُّہَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّکُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ

Bacaan surah An Nur 24:31 latin

“Waqul lilmu’minaati yaghdhudhna min abshaarihinna wayahfazhna furuujahunna walaa yubdiina ziinatahunna ilaa maa zhahara minhaa walyadhribna bikhumurihinna ‘ala juyuubihinna walaa yubdiina ziinatahunna ilaa libu’uulatihinna au aabaa-ihinna au aabaa-i bu’uulatihinna au abnaa-ihinna au abnaa-i bu’uulatihinna au ikhwaanihinna au banii ikhwaanihinna au banii akhawaatihinna au nisaa-ihinna au maa malakat aimaanuhunna awittaabi’iina ghairi uulii-irbati minarrijaali awith-thiflil-ladziina lam yazhharuu ‘ala ‘auraatinnisaa-i walaa yadhribna biarjulihinna liyu’lama maa yukhfiina min ziinatihinna watuubuu ilallahi jamii’an ai-yuhaal mu’minuuna la’allakum tuflihuun(a)”

Arti surah An Nur 24:31

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya. Kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita…” (QS an-Nur [24]: 31).

Kini bentuk dan jenis jilbab mulai banyak kreasinya. Dengan banyaknya kreasi berhijab tersebut Anda sepatutnya tidak serta merta menggunakan hijab tersebut dan tidak mengikuti anjuran atau qaidah berhijab. Simak tips memakai jilbab yang  benar berikut.

Beberapa tips dan cara menggunakan jilbab yang baik dan benar

1. Menutupi aurat

Jelas hal paling utama dalam berhijab adalah untuk menutupi aurat. Haram hukumnya bagi seorang wanita memperlihatkan auratnya kepada seseorang yang bukan muhrim.

Ketika menggunakan pakaian usahakan dapat menutupi seluruh aurat yaitu menutupi badan dari ujung rambut ke ujung kaki, terkecuali wajah dan telapak tangan. Sebaiknya jangan sampai ada sehelai rambut pun terlihat dari balik jilbab.

2. Jilbab tidak menampakan bentuk tubuh

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah jilbab tidak menampakan lekuk tubuh. Jadi usahakan untuk menggunakan pakaiaan atau jilbab longgar. Hindari pemakaian baju atau jilbab ketat.

Hal seperti ini masih bisa menimbulkan birahi pada seorang pria. Bila tidak menggunakan sepatu sebaiknya gunakan kaos kaki untuk menutupi kaki dan pergelangannya

3. Bahan kain tidak tembus pandang

Memang akan terasa panas atau gerah ketika menggunakan kain jilbab terlalu tebal di iklim tropis seperti di Indonesia. Untuk itu gunakanlah kain tipis namun tidak transparan. Saat menggunakan jilbab usahakan untuk memilih kain tidak tembus pandang.

Hindari pemilihan kain carang, sehingga masih bisa menampakan bentuk tubuh. Pilihlah kain tebal dan kerap apabila memungkinkan.

4. Hindari aksesoris dan make up berlebihan

Menggunakan make up atau aksesoris memang tidak dilarang, namun anjuranya jangan berlebihan. Sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik dan allah tidak menyukai hal tersebut. Selain itu segala sesuatu yang berlebih justru akan membuat seseorang terlihat tidak baik.

Sebagian perempuan enggan berhijab karena cendrung berpikiran kalau berhijab itu ribet. Bahkan banyak perempuan berpikiran berhijab hanya akan mengurangi kecantikannya. Namun saat ini justru banyak perempuan terlihat lebih cantik ketika menggunakan hijab.

Sebenarnya sudah banyak sekali tutoruial berhijab di internet agar lebih cepat, praktis dan terlihat cantik. Jadi tidak ada kata tidak bisa memakai jilbab yang benar. Bahkan sekarang banyak jilbab atau hijab praktis yang tinggal pakai saja.

Simak dan baca juga trend hijab gaul untuk kawula muda.

Demikian ulasan tentang beberap tips cara menggunakan jilbab modern yang baik dan benar. Jika Anda, teman Anda atau anggota keluarga Anda ada yang memakai jilbab, silahakan dianjurkan untuk memakai jilbab yang benar. memakai jilbab yang sesuai denga apa yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw.