Cara Membedakan Toko Online

Semakin berkembangnya penjualan online di marketplace, melaui website atau melalui akun media sosial, maka banyak terjadi penipuan.

Banyak yang menjual barang yang tidak sesuai dengan kualitas barang yang dijual. Untuk itu simak dan pahami cara membedakan toko online asli atau penipu berikut.

Toko Online Asli

Cara Membedakan Toko Online

Kali ini saya akan membahas tentang cara membedakan toko online yang asli dan penipu. Saat ini sudah mulai marak toko online di dunia maya. Namun dengan semakin banyaknya toko online di internet membuat orang-orang yang tidak bertanggung jawab memanfatkan situasi ini.

Dengan membuat situs atau toko online untuk menjalankan aksi penipuannya. Jika Anda ingin membeli sesuatu di Internet terlebih di toko online berikut cara membedakan toko online yang benar dan yang menipu.

Tips ini juga berlaku untuk Anda yang sering mendapatkan sms penipuan bermodus undian berhadiah yang kemudian di suruh untuk cek di situs web tertentu.

Berikut cara membedakan toko online asli

1. Domain

Domain ini adalah alamat situs atau secara tidak langsung bisa disebut juga dengan nama situs atau web. Misalnya nama situs ini “sajadah busa” maka domainnya sajadahbusa.com atau seperti facebook domainnya facebook.com.

Nah biasanya seorang penipu tidak menggunakan domain berbayar seperti domain yang ujungnya berakhiran .com, .net, .org atau yang dikenal dengan domain TLD. Domain TLD harus dibeli atau disewa dari provider domain.

Biasanya penipu cenderung menggunakan domain gratisan seperti domain dari blogspot, wordpress, webs, jimdo, blog.com dan lainnya. Jadi contoh namanya seperti ini :

www.situspenipu.blogpsot.com atau www.undianberhadiah.wordpress.com atau undianmkios.webs.com. Jadi dibelakang domainnya terdapat embel-embel blogspot, wordpress, webs, dan domain gratis lainnya.

Banyak sekali layanan penyedian hosting dan domain gratis selain yang disebut di atas seperti mywapblog, xtgem, dan lain-lain.

Dan memang tidak semua pengguna domain gratis adalah penipu. tapi setidaknya dengan menggunakan domain berbayar Anda sebagai pembeli bisa melihat kalau si pemilik situs memang berniat untuk berjualan online.

Dengan beli domain TLD menunjukkan bahwa si penjual benar-benar sungguh-sungguh membangun tokonya dengan membayar domain dan hosting.

Tapi ada juga pemilik situs yang memiliki situs resmi dengan domain berbayar dan menggunakan domain gratis untuk media promosi saja. Jadi pastikan jika ada domain gratis ia juga mempunyai domain berbayar untuk keaslian toko onlinenya.

Simak dan baca juga : Sajadahbusa.com kini lebih cepat aksesnya.

2. Membuat situs khusus

Masih dari segi teknis web, hal kedua yang perlu diperhatikan untuk membedakan situs yang asli dan penipu adalah pemilik situs asli biasanya membuat situs khusus untuk berjualan. Dari sini kita bisa melihat keseriusan pemilik situs untuk berjualan. Sehingga ia tidak mencampurkan adukan isi situs.

Misalnya situs berita disatukan dengan situs jualan parfum, jarang sekali pemilik situs asli mencampur adukan isi web nya. Contohnya situs detik.com isinya berita semua dan tidak ada konten jualannya.

Seorang pembuat situs biasanya akan membuat situs baru khusus untuk berjualan jika ingin berjualan. Walau kadang ada situs jualan online tapi tetap membuat kontent yang masih berhubungan dengan barang yang dijual.

3. Kontak dan alamat jelas

Situs resmi atau situs asli biasanya akan dengan jelas memperlihatkan kontak yang bisa dihubungi atau memperlihatkan alamat kantornya secara lengkap. Sehingga Anda bisa cek apakah kontak dan alamatnya benar atau fiktif.

Sebagai pembeli Anda harus teliti mengetahui alamat pemilik situs serta kontaknya. Jika Anda sudah tahu alamatnya, Anda bisa dengan mudah mengetahui kebenaran alamat tersebut.

Alamat tersebut bisa Anda cek dengan mencari informasi dari orang lain atau melalui data di internet.

Terlebih jika kita mempunyai teman atau saudara di alamat pemilik situs tersebut. Misalnya sebuah toko online beralamatkan di Sidoarjo, Anda bisa menanyakan kepada teman atau sodara yang di sidoarjo tentang kebenaran alamatnya.

4. Gunakan whois

“Whois” adalah sebuah layanan di internet untuk mengetahui data dari pemilik domain atau pemilik situs.

Dari contoh gambar tersebut di atas bisa dilihat alamat dan kotak pemilik situs sajadahbusa.com. Dengan adanya data tersebut secara tidak langsung Anda bisa mengetahui dimana sebuah toko online berada.

Contohnya toko online sajadahbusa.com ini, data di whois, alamat kontak di web, serta alamat toko pembuatan sajadah sama, yaitu kota sumedang. Selain itu kontak di whois dan kontak yang tertera di web juga sama.

Jika terdapat kejanggalan seperti kontak web dan kontak di who is tidak sama, Anda perlu sedikit waspada terhadap sebuah toko online tersebut. Untuk menggunakan layanan whois Anda tinggal mengunjungi situs who.is (who dot is) kemudian masukan domain toko online yang ingin di cek.

5. Cari informasi di situs lain

Kini mulai banyak situs seperti polisi online, batam watcher, dan lain-lain. Untuk mengetahui apakah sebuah situs penipu atau terpercaya.

Anda bisa mengunjungi situs polisionline.com kemudian mencari data dari situs online yang ingin kita ketahui. Atau kita bisa juga mencari datanya dari testimoni di forum seperti kaskus, suara pelanggan kompas, dan lainnya.

6. Cek history jualan

Penjual asli biasanya telah memiliki banyak history berjualan. Cara paling mudah kita bisa memasukan nomor kontak sebuah toko online ke google. Biasanya jika penjual terpercaya nomor kontaknya akan dengan mudah Anda temui di google.

Anda tinggal memasukan nomer hp atau nomer telepon ke kolom pencarian google. Seorang penipu atau toko online penipu biasanya akan sering berganti-ganti kontak.

Seorang penipu cendrung akan langsung mengganti kontaknya setelah mendapatkan korban. Kemudian ia akan menggunakan nomor baru untuk menipu lagi, sehingga nomor kontaknya akan sangat sulit untuk kita cari di internet.

Simak dan baca juga : Jual Sajadah Bulu di Sajadahbusa.com.

Itulah sedikit tips dari saya untuk memebedakan mana toko online yang asli terpercaya dengan toko online penipu. Semoga dengan adanya tips tersebut kita bisa lebih pintar untuk memilih-milih toko online yang akan kita beli produknya. Happy shoping :).

Loading...
0 Shares:
You May Also Like