Beberapa Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan sendiri merupakan bulan yang istimewa. Bulan yang penuh dengan ampunan dan berbagai pahala. Pada bulan Ramadhan insyallah semua amalan kebaikan akan dilipat gandakan. Oleh karena itu ada baiknya kita melakukan banyak amalan sunnah di bulan Ramadhan yang baik-baik sesuai yang dianjurkan oleh Rasulullah.

Amalan Bulan Ramadhan

Dengan melakukan amalan-amalan yang baik berharap pahala yang kita dapatkan bisa lebih banyak. Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan dimana kita bisa berlomba-lomba untuk lebih mendapatkan pahala dan ampunan Allah SWT.

Amalan Sunnah Di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan bulan paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Mari kita berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala dan mengejar kebaikan. Deangan membagikan pesan kebaikan merupakan suatu amalan yang diberkahi.

Anda bisa melakukan berbagai amalan-amalan sederhana yang disunnahkan oleh Rasulullah. Anda juga bisa membagikan gambar-gambar doa atau gambar islami yang menyampaikan sejuta pesan dan makna melalui akun sosial media Anda.

Simak dan baca juga gambar animasi ucapan bulan Ramadhan.

Hukum puasa di bulan Ramdahan adalah fardhu atau wajib dilakukan oleh umat islam yang sudah baligh (dewasa), Jadi sebelum melakukan sunnah berikut, pastikan yang wajibnya haruslah dikerjakan dahulu. Jangan sampai kita melakukan amalan sunnah namun tidak mengerjakan yang wajibnya. Simak beberapa amalan di bulan Ramadhan yang dianjurkan Rasulullah.

Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

1. Bersahur

Puasa di bulan ramadhan tanpa sahur sebenarnya sah-sah saja, namun alangkah baiknya jika kita melakukan sahur. Selain ini merupakan amalan, melakukan sahur juga untuk kebaikan orang yang berpuasa. Dengan sahur maka saat kita berpuasa dipagi harinya tidak kehilangan energi atau kelaparan. Sahur sebaiknya dilakukan saat menjelang imsak.

2. Mensegerakan berbuka

Mensegerakan berbuka menjadi amalan di bulan Ramadhan. Ketika megetahui waktu berbuka puasa telah tiba alangkah baiknya untuk segera berbuka puasa. Rasulullah SAW biasanya berbuka dengan sesuatu yang manis seperti kurma. Makanan manis seperti kurma merupakan makanan dengan asupan kalori yang mudah dicerna tubuh, sehingga sangat baik dikonsumsi setelah satu hari berpuasa.

3. Membaca doa ketika berbuka

Bacalah doa berbuka puasa saat berbuka puasa, ini merupakan amalan yang sangat dianjurkan.

4. Memberikan makanan kepada orang yang berpuasa

Salah satu amalan terbailk di bulan puasa yaitu memberikan makanan untuk orang berpuasa. Hal ini juga bisa sebagai pengganti ketika kita tidak bisa melakukan ibadah puasa.

Saat kita tidak bisa mengerjakan ibadah puasa, kita bisa memberikan makanan pada orang berpuasa. Dengan memberikan makanan untuk berbuka kepada yang berpuasa, maka akan mendapatkan amalan seperti orang berpuasa tersebut. Dan nanti dilain hari (setelah Ramadhan dan idul fitri) kita bisa berpuasa untuk mengganti puasa di bulan Ramadhan (qadha).

5. Memperbanyak shalat malam

Perbanyaklah shalat malam seperti shalat tarawih, shalat tahajud atau shalat malam lainnya. Shalat malam di bulan Ramadhan insyallah pahalanya lebih besar daripada shalat malam di bulan lainnya. Shalat tarawih dilakukan setiap malam di bulan Ramadhan dan hanya ada di bulan Ramadhan.

Untuk sholat malam seperti sholat sunnah tahajud bisa dilakukan dibulan-bulan lainnya. Hanya ketika dilakukandi bulan Ramadhan akan memiliki pahala dan keutamaan yang luar biasa. Apalagi di bulan puasa ada sahur yang dilakukan di waktu sepertiga malam. Jadi sangat tepat jika sebelum sahur Anda melakukan sholat tahajud tersebut.

Untuk lebih lebih detail tentang niat, tata cara dan keutamaan sholat tahajud, simak dan baca niat dan tata cara sholat tahajud yang dikutip dari wisatanabawi.com.

6. Memperbanyak membaca Al-Quran.

Membaca Al-Quran di bulan biasa akan mendapatkan pahala, bukan hanya untuk yang membacanya bahkan untuk yang mendengarkannya juga. Apalagi membaca Al-Quran di bulan Ramadhan, ketika semua amalan ibadah dilipat gandakan pahalanya.

Bulan Ramdhan pun merupakan bulan dimana turunnya Al-Quran. Terdapat suatu malam dimana kita membaca Al-Quran dan shalat malam di bulan Ramadhan, maka amalan kita akan dilipatkan gandakan seperti kita melakukan amalan tersebut beribu-ribu bulan. Malam tersebut dinamakan dengan malam lailatul qadar. Karenanya sangat dianjurkan untuk membaca Al-Quran di bulan Ramdhan.

7. Saling memaafkan

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci penuh ampunan. Selain meminta ampunan kepada Allah Swt, hubungan silaturahmi kepada sesama manusia pun haruslah ditingkatkan. Ramadhan merupakan momen tepat untuk saling maaf dan memaafkan. Dengan beggitu kita kembali suci, bersih dari rasa iri hati, dengki, dan perasaan buruk lainnya.

Simak dan baca juga gambar animasi ucapan Idul Fitri.

Demikian informasi tentang beberapa contoh amalan sunnah sederhana bulan Ramadhan yang untuk dikerjakan. Semoga di bulan suci penuh berkah ini Anda bisa mendapatkan banyak pahala dan mendapatkan ampunan dari Allah Swt. Semoga artikel ini bermanfaat buat pembaca semua, Aaamin.