Amalan Untuk Melewati Ujian Hidup

Ujian adalah salah satu hal yang pasti terjadi pada setiap orang yang hidup di dunia ini. Saat Anda diterpa ujian, bukan berarti Anda harus pasrah dan putus asa untuk melewatinya.

Satu hal yang perlu Anda ingat Allah SWT tidak akan suka kepada orang yang mudah berputus asa dan pasrah tanpa dibarengi dengan usaha, kerja keras dan doa.

Amalan-Untuk-Menghadapi-Ujian-Hidup

Saat Anda menghadapi ujian yang mungkin ini adalah ujian yang sangat berat untuk Anda.

Selalu ingat satu hal, jika Allah SWT tidak akan memberikan umatnya ujian melebihi kemampuan umatnya tersebut.

Jadi, Allah SWT sudah tahu porsi kemampuan kita saat Ia memberikan kita ujian yang menurut kita amat sangat berat.

Allah SWT pasti akan memberikan kita ujian sesuai dengan kemampuan kita.

Jika menurutmu ujian yang sedang menimpa Anda saat ini amat sangat berat, percayalah bahwa Anda bisa melewatinya atas izin dan jaminan dari Allah SWT.

4 Amalan untuk Menghadapi Ujian Hidup

Jangan bersedih hati dan jangan mudah putus asa saat Allah memberi Anda ujian yang cukup berat dalam hidup.

Saat Anda menghadapi ujian yang cukup berat dalam hidup, coba baca 4 amalan berikut ini untuk membantu Anda meringankan beban hidup dan ujian yang dialami.

1. Membaca Sholawat Nabi

Amalan yang pertama yang dapat Anda baca saat diterpa ujian hidup yang cukup berat, kalian dapat membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Bacaannya sangat simple, Anda bisa baca sholawat nabi yang berbunyi “Salallahu Ala Muhammad” setiap saat setiap Anda bernafas.

Sholawat nabi memiliki manfaat yang sangat luar biasa terutama untuk meringankan beban hidup seseorang menjadi lebih baik.

Bacaan Sholawat Nabi

Sholawat Nabi
Sumber gambar : Wisatanabawi.com

Bacaan Sholawat Nabi Arab

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Sudah ada banyak orang yang membuktikan bahwa perbanyak membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW akan memberikan keberkahan dan juga keselamatan hidup di dunia dan juga diakhirat.

Bahkan juga sudah banyak orang yang memiliki beban hidup atau ujian hidup yang cukup berat diangkat semua ujian dan bebannya tersebut.

2. Berdzikir kepada Allah SWT

Saat menghadapi ujian pastikan Anda mengingat bahwa ada Allah yang selalu menolong hambanya yang sedang kesusahan.

Untuk mengingat keberadaan Allah SWT, Anda bisa membaca kalimat dzikir kepada Allah untuk meminta pertolongan dan perlindungannya.

Anda bisa membaca istighfar pada malam hari atau setelah selesai sholat dengan mengamalkan doa Sayyidul istighfar.

Sayidul-Istighfar-Sebagai-Doa-Pengampunan
Sumber gambar : https://wisatanabawi.com

Ada banyak kalimat dzikir kepada Allah SWT yang dapat Anda amalkan salah satu contohnya adalah kalimat dzikir yang wajib diketahui umat islam yakni “Subhanallah Wal Hamdulillah Wa Laa Ilaha Illallah Hu Allahhu Akbar”.

Empat kalimat dzikir ini akan membrikan syafaat kepada setiap orang yang senantiasa membacanya baik secara rutin atau setelah selesai sholat.

Tidak hanya akan diberikan perlindungan saja, Anda juga juga akan mendapatkan pertolongan jika mengingat Allah dan membaca dzikir tersebut.

3. Membaca Surat Yasin

Senantiasa membaca surat Yasin juga dapat meringankan beban seseorang dari ujian yang dihadapinya di dunia ataupun nanti di akhirat.

Sudah ada banyak yang membuktikan bahwa bacaan surat Yasin dapat memberikan pertolongan pada umat manusia yang sedang mengalami masalah ujian dan kekusahan.

Dengan membaca surat Yasin setelah selesai sholat dan berdzikir kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. InsyaAllah Allah SWT akan memudahkan segala urusan yang sedang Anda hadapi saat ini.

Allah SWT juga akan selalu senantiasa menjaga Anda dari godaan dan rayuan setan yang akan membawa petaka dan kesusahan di kemudian hari.

4. Doa Memohon Ketabahan

Saat ditimpa ujian yang berat dan cukup besar dalam hidup, Anda juga bisa coba membaca do’a agar diberikan ketabahan yang ada di Surat Al-baqarah Ayat 250 berikut ini.

وَ لَمَّا بَرَزُوۡا لِجَالُوۡتَ وَ جُنُوۡدِہٖ قَالُوۡا رَبَّنَاۤ اَفۡرِغۡ عَلَیۡنَا صَبۡرًا وَّ ثَبِّتۡ اَقۡدَامَنَا وَ انۡصُرۡنَا عَلَی الۡقَوۡمِ الۡکٰفِرِیۡنَ

Doa diatas memiliki arti :

“Ya Allah, limpahkanlah kesabaran atas diri kami dan berikan keteguhan pada pendirian kami serta tolonlah kami dari perbuatan orang-orang kafir”.

Itu dia beberapa amalan yang dapat diamalkan saat menghadapi ujian hidup. Satu hal yang harus Anda ingat jangan sesekali berputus asa dan bersedih hati saat diberi cobaan oleh Allah SWT. Karena setelah kesulitan pasti akan ada kemudahan.

Simak dan baca juga : Makna Barakallah Fii Umrik

Lebih baik kita panjatkan do’a kepada Allah SWT untuk diberi ketabahan dan meminta pertolonganNya. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Loading...
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like