Amalan Dan Doa Ketika Turun Hujan

Tak terasa kini kita telah berada di penghujung tahun, itu artinya kita telah masuk ke musim penghujan. Tentu saja hujan merupakan sebuah berkah bagi umat manusia. Dimana dengan datangnya hujan kita mendapatkan air dengan mudah.

Nnamun adakalanya hujan menjadi sebuah musibah. Saat hujan turun dengan sangat deras disertai angin kencang bisa menyebabkan banjir bandang. Selain banjir, hujan yang disertai angin kencng dan petir juga bisa menyebabkan erosi dan tumbangnya pohon-pohon.

Amalan Dan Doa Ketika Turun Hujan Dan Petir

Alam kini mulai tidak bersahabat, tentu ini juga merupakan ulah dari manusia itu sendiri. Banyaknya penebangan pohon, pengalih fungsian hutan, dan lain sebagainya. Aktifitas itu menjadikan mudahnya terjadi bencana ketika musim hujan datang.

Doa Ketika Ada Hujan Dan Petir

Sebagai umat islam yang memiliki banyak doa. Dan doa merupakan senjatanya umat islam untuk memohon kepada Allah Swt. kita juga bisa mengucapkan banyak doa saat terjadi hujan lebat, petir, angin, yang terdapat dalam Al-Quran dan hadist.

Kita mengamalkan atau mebaca dia agar hal-hal yang tidak diinginkan seperti bencana tidak terjadi. Berikut ini beberapa doa dan amalan yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya bencana dengan berharap lindungan dari Allah SWT.

Amalan Dan Doa Ketika Turun Hujan

Doa Melihat Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

اللهم اجعلها رحمة ولا تجعلها عذابا, اللهم اجعلها رياحا ولا تجعلها ريحا

“ALLOHUMMAJ’ALHA RO_HMATAN WALAA TAJ’ALHA ‘ADZAABAN, ALLOHUMAJ’ALHA RIYAA_HAN WALAA TAJ’ALHA RII_HAN.”

Arti dan terjemahannya:

“Ya Alloh jadikan hujan sebagai rahmat bagiku dan jangan jadikan hujan ini sebagai adzab bagiku, Ya Alloh jadikan angin ini baik bagiku, dan jangan jadikan buruk bagiku.” HR. Asy-Syafii (Berdasar kitab Al-Adzkaar An-Nawawy halaman 163).

Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkap tentang doa ketika ada angin kencang, silahkan kunjungi sumber artikel di https://wisatanabawi.com.

Doa ketika mendengar petir

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

“Maha suci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya”

Berdasarkan hadist :

“Ar Ra’du (petir) adalah suara yang didengar dari awan. Sedangkan Ash Showa’iq (kilat) adalah api (cahaya) yang muncul dari langit bersamaan dengan suara petir yang keras.” (Rosysyul Barod, 381, Darud Da’i Linnashri wat Tawzii’).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang petir, lalu beliau menjawab:

مَلَكٌ مِنْ الْمَلَائِكَةِ مُوَكَّلٌ بِالسَّحَابِ مَعَهُ مخاريق مِنْ نَارٍ يَسُوقُ بِهَا السَّحَابَ حَيْثُ شَاءَ اللَّهُ

”Petir adalah malaikat yang diberi tugas mengurus awan dan bersamanya pengoyak dari api yang memindahkan awan sesuai dengan kehendak Allah.”

Dari ‘Ikrimah mengatakan bahwasanya Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma tatkala mendengar suara petir, beliau mengucapkan:

سُبْحَانَ الَّذِي سَبَّحَتْ لَهُ

“Subhanalladzi sabbahat lahu”

Artinya:

“Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya.”

Lalu beliau mengatakan,”Sesungguhnya petir adalah malaikat yang meneriaki (membentak) untuk mengatur hujan sebagaimana pengembala ternak membentak hewannya.” (Lihat Adabul Mufrod no. 722, dihasankan oleh Syaikh Al Albani).

Apabila Abdullah bin Az Zubair mendengar petir, dia menghentikan pembicaraan, kemudian mengucapkan:

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِه

“Subhaanalladzi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatihi”

“Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memujiNya, begitu juga para malaikat, karena takut kepadaNya.” [Al-Muwaththa’ 2/992. Al-Albani berkata: Hadits di atas mauquf yang shahih sanadnya.]

Amalan Ketika Hujan

Selain memanjatkan doa ada beberapa amalan yang dianjurkan ketika datang hujan :

1. Berdoa

Berdoa memohon kebaikan ketika datangnya hujan meruapakn sesuatu yang dianjurkan, kita bisa menggunakan doa yang telah dituliskan di atas.

2. Berwudhu dengan air hujan

Ibnu Qudamah dalam kitab Adabul Mufrad mengatakan bahwa dianjurkan wudhu dengan air hujan yang mengalir deras. Berikut ini dalil dianjurkannya amalan tersebut

“Apabila air mengalir di lembah, Nabi shallallahu’alaihi wa sallam mengatakan, ‘Keluarlah kalian bersama kami menuju air ini yang telah dijadikan oleh Allah sebagai alat untuk bersuci, kemudian kami bersuci dengannya.” [HR Muslim, Abu Dawud, Al Baihaqi, dan Ahmad]

3. Bersyukur dan tidak mengumpat

Tidak mengucapkan kata-kata umpatan, karena banyak dari kita terkadang kesal ketika turunya hujan. Jadikanlah saat waktu datangnya hujan sebagai anugerah bagi manusia bersyukurlah kepada Allah SWT. Tanpa air, manusia tidak akan mampu bertahan hidup.

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam telah memberi nasihat kepada kita agar tidak menjadikan makhluk yang tidak bisa berbuat apa-apa sebagai kambing hitam. Hujan dan angin merupakan salah satu makhluk yang tidak bisa berbuat apa-apa.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadits qudsi:

“Manusia menyakiti Aku; dia mencaci masa (waktu), padahal Aku adalah pemilik dan pengatur masa, Akulah yang mengatur malam dan siang menjadi silih berganti” [HR Bukhari no 6478]

Demikian ulasan doa dan amalan ketika hujan dan ada petir yang bisa kita lakukan. Hati-hati dengan penyakit, terkadang dengan adanya musim hujan penyakit pun menjadi lebih mudah datang.

Simak dan baca juga jika terjadi gerhana dengan melakukan amalan dan sholat gerhana.

Selain itu, agar ketika melaksanakan shalat dan beribadah menjadi terasa nyaman kita bisa menggunakan sajadah busa agar tidak merasa dingin. Karena dengan menggunakan sajadah busa saat musim hujan akan terasa hangat dan nyaman. Semoga bermanfaat.

Loading...
0 Shares:
You May Also Like