Allahumma Antassalam Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat

Doa adalah melakukan permohonan atau meminta kepada Allah Swt dengan adab yang benar. Sedangkan dzikir adalah amalan ibadah bertujuan untuk selalau mengingat Allah dengan cara memuji dan menyebut nama dan kebesaran-Nya dengan penuh keikhlasan dan kekhusyukan.

Perintah dari Allah untuk membaca dzikir atau doa pada waktu pagi dan petang sangat dianjurkan. Dalam salah satu rukun islam terdapat sholat yang menjadi aktifitas rutin yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Namun masih ada sholat-sholat sunnah lainnya yang dianjurkan oleh Rasullulah untuk tetap diamalkan.

Allahumma Antassalam bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat

Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat

Waktu yang tepat dan paling mustajab untuk berzikir dan berdoa adalah setelah melakukan shalat wajib. Karena pada waktu inilah umat muslim sedang dekat dengan Allah Swt. Setelah sholat wajib membaca “Allahuma anta salam, wa minka salam, tabarakta ya dzal jalali wal ikram”.

Membaca doa Allahumma antassalam biasanya dibacakan ketika sehabis kita sholat. Doa ini biasanya kita bacakan bersama doa-doa lainnya juga ketika kita berdzikir. Arti dari doa Allahumma antassalam memiliki arti yang cukup luas, bisa juga untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Doa Setelah Sholat

Bacaan Dzikir setelah sholat arab

اَللّهُمَّ اَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَاذَاْلجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Bacaan Dzikir setelah sholat latin

“Allahumma antassalam waminkassalam tabarakta Ya Dzaljalali wal ikram.”

Terjemahan Artinya:

“Ya Allah, Engkaulah As-Salaam (Yang selamat dari kejelekan-kejelekan, kekurangan-kekurangan dan kerusakan-kerusakan) dan dari-Mu as-salaam (keselamatan), Maha Berkah Engkau Wahai Dzat Yang Maha Agung dan Maha Baik.” (HR. Muslim)

Ketika membaca : Tasbih, Hamdallah dan Takbir masing-masing sebanyak 33x bisa dibantu dengan menggunakan tasbih atau dengan menghitung ruas jari tangan.

سُبْحَانَ الله

Subhanallah sebanyak 33x.

اْلحَمْدُ لله

Alhamdulillah sebanyak 33x.

اَللهُ اَكْبَرُ

Allahu Akbar sebanyak 33x

Dan disempurnakan dengan bacaan:

اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ لَهُ اْلمُلْكُ وَلَهُ اْلحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلٰى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda:

“Barang siapa setelah shalat membaca tasbih 33 kali, hamdalah 33 kali, takbir 33 kali, yang total jumlahnya 99 dan menyempurnakannya dengan bacaan “La ilaha illallah wahdahu lasyarikalah, lahul mulku walahul hamdu yuhyi wa yumit wa huwa ‘ala kulli syaiin qadir”, maka Allah Swt akan mengampuni segala dosanya walau sebanyak buih di lautan.”

Tasbih digital eletronik

Untuk mempermudah menghitung dzikir kita bisa menggunakan tasbih atau alat penghitung lainnya. Sekarang ada banyak alat penghitung dzikir elektronik atau digital seperti cincin yang akan mepermudah hitungan dzikir Anda. Alat ini akan membantu mengingat jumlah dzikir atau bacaan doa Anda.

Alat penghitung dzikir ini bisa Anda beli di marketplace seperti bukalapak, Tokopedia, lazada, toko-toko buku islami atau di toko elektronik. Harga tasbih digital elektronik ini sekitar 10 ribu rupiah.

Tasbih Digital Elektronik

Untuk lebih detailnya tentang dzikir dan bacaan setelah sholat lengkap Anda bisa membaca pada artikel berikut ini Doa Setelah sholat Lengkap (klik link tersebut).

Demikian ulasan tentang “Allahumma Antassalam” sebagai dzikir dan bacaan doa setelah sholat yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw. Semoga bermanfaat.

Loading...
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like